7 Channel Youtube Favoritku


Youtube sudah sangat akrab dengan kehidupan sebagian besar pengguna media sosial. Data dari We Are Social mencatat ada sekitar 88% dari pengguna media sosial di Indonesia yang mengakses youtube. Aku menjadi salah satunya. Hampir setiap hari mengunjungi youtube.

Terlebih kondisi pandemi saat ini. Kita jadi lebih banyak di rumah. Kalau para artis satu persatu makin banyak yang membuat channel youtube, aku masih mencukupkan diri menikmati video-video youtube saja. Setidaknya ada 5 channel youtube yang sering aku tonton. Aku bagi disini barangkali ada pembaca yang terinspirasi.

           

Pertama, Channel Muslimah Media Center. Channel dakwah muslimah yang satu ini memang benar-benar menarik bagiku. Di dalamnya kaya akan wawasan Islam dalam banyak bidang. Ada sejarah, politik kekinian, ekonomi kekinian, kabar dunia, info seputar remaja, ilmu-ilmu pergaulan dan lain sebagainya.

Pemilik akun MMC tampaknya amat serius dengan kerja dakwah mereka. Terbukti mereka konsisten menghadirkan lima video setiap harinya. Bahkan bisa lebih di hari-hari tertentu. Terkadang ada semacam talk show khusus yang mengkaji satu judul secara mendalam. Semua yang tampil dan berusara adalah perempuan. Masya allah, hebat ya mereka.

Mereka bisa menampilkan Islam sebagai ajaran yang luas, mampu membahas segala macam persoalan. Sehingga tergambarlah bagi penonton bahwa Islam adalah din (pandangan hidup) yang mampu menyelesaikan seluruh permasalah hidup manusia. Islam adalah aturan hidup yang sempurna. Masya allah.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCgQBZ25YtD_cm8hpCsey67w 

         

Kedua, Channel Gritte Agatha. Seingatku kemaren namanya Gritte Buka Praktek deh, kok ini beda ya. Ntah kapan diubah aku nggak sadar. Hehe. Channel ini juga cukup informatif dan edukatif. Sebagian besar videonya berisi podcast bersama bermacam-macam orang dengan masalahnya masing-masing.

Aku suka nonton video di channel ini kalau membahas tentang orang-orang yang mengalami sakit tertentu. Bagaimana awalnya bisa sakit. Bagaimana menghadapi sakit tersebut. Bagaimana bisa survive dengan penyakitnya. Semua bisa menjadi pelajaran buat aku.

Video podcast terbaru Gritte ngomongin seseorang yang mengalami koma selama 9 hari gara-gara begadang dan kopi. Si orang ini gila kerja, hingga sedikit tidur. Bukan cuma sedikit tidur tapi tidurnya juga nggak teratur. Seringnya itu dilakukan akhirnya kesehatannya bermasalah. Imunnya lemah. Muncul banyak penyakit hingga koma 9 hari.

Pelajaran banget kan ini bagi kita. Semakin kagum dengan Islam dimana al Quran bilang Allah swt ciptakan siang untuk bekerja dan malam untuk istirahat. Kalau kita mengerti kebutuhan tubuh kita sesuai petunjuk al Quran yang sudah dibuktikan oleh sains, pasti kita bisa hidup lebih sehat.

Baca Juga: 5 RubrikFavorit Di Channel Youtube MMC

Selain itu aku juga suka video podcast disini yang membahas masalah sosial. Tentang kegagalan sebuah hubungan. Kesalahan memilih pasangan. Kelasahan dalam memilih pilihan hidup dan lain sebagainya. Disini dapat deh gambaran kehidupaan sosial masyarakat sekuler hari ini, yang bisa dijadikan pelajaran.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCMCbLotdXzd5Eb8XGLxEEWQ


Ketiga, Channel Refly Harun. Dr. Refly Harun, S.H., M.H., LL.M. adalah nama lengkap beserta gelarnya. Beliau adalah seorang ahli hukum tata negara sekaligus pengamat politik Indonesia. Bagi yang sering nonton ILC dulunya pasti kenal ya dengan tokoh ini.

Akun beliau juga berisi video-video informatif dan edukatif. Pastinya kaya analisis di bidang hukum. Karena beliau ahli hukum. Beliau cukup aktif membuat video dan mengikuti fakta kekinian terutama perpolitikan. Bagaimana seharusnya politik berjalan sesuai hukum yang ia pahami, diberikan penjelasan.

Beliau juga seorang muslim yang cukup tinggi perasaan Islamnya. Sehingga cukup jujur dalam memberi tanggapan terhadap persoalan di masyarakat yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Cukup berani juga mengkritik pemerintah, di tengah panasnya suasana yang mengesankan pemerintah anti kritik.

Bincang-bincang beliau dengan nara sumber-nara sumber yang cakap dibidangnya menarik bagiku. Tentunya menambah wawasan tentang dunia perpolitikan demokrasi saat ini.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCvmb312cAUQwi90rX1h1ClA

Keempat, Channel Riri Yassir. Channel ini menampilkan kehidupan sebuah muda mudi yang membentuk keluarga kecil. Riri dan Yasir yang sudah memiliki satu anak. Teristimewa dari channel ini adalah memperlihatkan kehidupan seorang penderita gagal ginjal.

Yasir suami Riri menderita gagal ginjal sejak beberapa tahun lalu. Dari sini dapat deh pelajaran seperti apa cara menghindari penyakit gagal ginjal. Belajar tegar juga dari mereka. Riri sebagai isteri yang masih muda dan cantik membuat suaminya terharu dan bahagia. Karena Riri bisa menerima kondisi suaminya.

Bahkan merawat suaminya dengan baik. Riri sabar banget. In sya allah profil isteri soliha deh. Aku suport mereka semoga selalu diberi kebahagiaan oleh Allah swt karena sabar dan syukur mereka padaNya.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCG4eyYbsbdUU5pDPXvLMtBQ


Baca Juga:  MasyaAllah, Ghazy Matang Pada Waktunya

Kelima, Channel Syifa Healthy Food. Channel ini nggak sengaja aku temukan. Tiba-tiba dia nongol aja gitu di beranda youtube. Ternyata menarik. Video-videonya memberi tips makan enak tapi tetap sehat. Bisa makan kue yang dibuat dari bahan-bahan sehat.

Seperti bahan tepung terigu mengandung gluten yang bisa diganti dengan oat non gluten. Mengganti santan yang tinggi kalori dengan fiber creme. Mengganti gula dengan madu dan lain lain. Aku dapat resep kue nastar no terigu dan no margarine disini.

Aku nggak sepenuhnya mengikuti menu-menu makanan yang dikatakan sehat itu sih. Tetap prinsip utamanya gizi seimbang, halal n thoyyib. Tapi kalau lagi dibutuhkan, resep-resep disini sangat berguna untuk menjaga kesehatan plus tetap bisa makan enak.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCdC3NZIc0-Boi6_JN6FpMxA

Keenam, Channel Sholdah TV. Channel ini favorit kedua-ku setelah MMC. Disini juga gudangnya ilmu. Dari sejarah hingga fikih. Dari ibadah, akhlak hingga tentang perpolitikan ada. Kemarin aku baru menamatkan kajian Hadis Arba’in karya Imam Nawawi yang disini diasuh oleh Ustaz Yuana. Beliau memberi sanad penjelasan bagi yang sudah mengikuti seluruh kajian tersebut.

Selanjutnya aku ingin mengaji kitab Riyadush shalihin disini, yang juga diasuh sama ustaz Yuana. Tapi kata beliau sebaiknya memiliki kitabnya lebih dulu baru ikut mengkaji. Karena aku belum mendapatkan kitabnya, akhirnya ditunda dulu. In sya allah channel ini bisa menjadi sumber tambahan ilmu yang sangat berharga bagi siapapun. Karena selain temanya yang menarik, pengasuhnya juga para ustaz dari pesantren ternama di Jawa.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UCPfPG0-5uabfQ27HNzYgsFg


Ketujuh, Channel Isti ve Musab. Pada dasarnya aku penasaran dengan pernikahan beda budaya. Jadi aku senang menonton kehidupan pasangan yang menikah beda negara. Ada cewek Indonesia yang menikah dengan cowok Amerika. Ada cowok Indonesia yang menikah dengan cewek Perancis. Dan banyak lagi.

Nah diantara semua channel youtube pasangan beda negara, kehidupan Isti dan Musab yang paling sering aku tonton. Mereka tampaknya serius dan profesional mengelola youtubenya. Mereka menggunakan kamera yang menghasilkan video dengan kualitas super.

Suka sama pemandangan kota Turki yang mereka tunjukkan. Gemes juga lihat baby Aycel. Mengambil pelajaran aja dari cerita-cerita mereka. Aku juga suka mereka berdua yang cukup baik berpegang pada ajaran Islam. Kalau yang lain, karena pasangan asingnya biasanya muallaf dan yang dari Indonesia nggak cukup taat, akhirnya kehidupan mereka terasa kurang, karena kurang islami.

Channel: https://www.youtube.com/channel/UC3LrM2hhKDGUn0-SC-QyT9Q

***

Tontonan di youtube banyak sekali macamnya. Dia hanya saja informasi sebagaimana media internet lainnya. Sementara kehidupan kita terus berlalu dan ada perhitungan kelak di akhirat ketika kehidupan dunia sudah berakhir. Maka kita harus pandai-pandai memanfaatkan waktu termasuk menggunakan youtube.

Dia bisa berdampak baik kalau digunakan untuk mendapatkan informasi yang menguatkan pribadi muslim kita. Namun dia bisa berdampak sebaliknya, mendorong kita menikmati tontona hiburan dan membuat kita terlena dengan waktu. Semoga kita dilindungi Allah swt dari kesia-sia-an. Aamiin.

Baca Juga: Kasus Asusila Artis, Picu Bahasan Open Marriage


Tidak ada komentar:

Posting Komentar