Wednesday, March 06, 2024

Kejamnya Kaum Huyay

 

historica.fandom.com

Dalam Kitab ad Daulah al Islamiyah karya Syekh Taqiyuddin diceritakan secara singkat bagaimana aksi licik tokoh yahudi Bani Nadhir bernama Huyay bin Akhtab.

Ia memprovokasi orang – orang arab dari suku Quraish untuk memerangi Rasulullah saw. Langkah Huyay merupakan proses terjadinya perang Ahzab atau perang Khandaq.

Huyay menghalalkan segala cara dalam memuluskan langkahnya. Iya melakukan sejumlah kebohongan kepada pimpinan suku Quraish Abu Sofyan. Singkat kata Huyay berhasil menghasut Quraish berikut beberapa kabilah arab lainnya hingga bergabung sekitar 10.000 pasukan yang bergerak hendak menyerang Madinah.

Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan merupakan ciri manusia yang jahat. Dikatakan oleh Syekh Taqi bahwa tabiat kaum Huyay bersifat abadi. Ternyata ucapan Syekh Taqi bukan isapan jempol. Hingga saat ini pun kejahatan kaum Huyay tetap terasa.

Aksi mereka di tanah umat Islam, tanah Palestina sangatlah kejam. Dunia mengakuinya. Betapa kini warga Gaza sudah semakin tersudutkan. Jumlah mereka tersisa sedikit. Mereka tinggal di sudut – sudut kota Rafah. Mereka kesulitan untuk menjangkau makanan.

Diberitakan di kotan Tempo, bahwa Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengakui para menteri Israel menghalangi distribusi bantuan kemanusiaan ke Gaza. Para menteri bangsa keji itu menghalangi pembongkaran distribusi pangan tepung di pelabuhan Kota Ashdod.

Sempat ada gambaran bahwa AS kesal dengan tindakan sahabatnya itu, yang sebegitu kejamnya pada warga Gaza. Namun kembali lagi dikatakan, jika tindakan kaum Huyay ini sesuai dengan kepentingan AS, negeri Paman Sam ini pun bisa ‘memaklumi’ kejahatan prilaku kaum Huyay.

Koran Tempo pun memuat informasi kondisi Gaza secara umum. Sejak minggu pertama  bulan oktober 2023 kaum Huyay menyerang Gaza, lebih dari 30 ribu warga Palestina meninggal dunia dan hampir seratus ribu orang luka – luka.

Kaum Huyay memblokade total jalan masuk ke Jalur Gaza hingga warganya yang tersisa kelaparan. Belasan bayi dan anak meninggal dunia dalam kondisi mengenaskan.

PBB menyebut aksi Israel itu menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terusir dari tempat tinggalnya, 60 persen infrastruktur Gaza rusak dan hancur, dan menyebabkan kelangkaan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah.

Itulah kaumnya si Huyay, bangsa licik nan jahat yang pernah ada di muka bumi. Kehadiran mereka menjadi ujian bagi kaum muslimin. Bagaimana kesabaran kaum muslimin menghadapi mereka.

Bagaimana kepatuhan para penguasa muslim kepada Allah swt dalam menolong saudara – saudara mereka. Sampai hari ini, warga Palestina yang paling baik nilainya dalam kesabaran dan ketaatan mereka kepada Allah swt.

Sementara para penguasa negeri – negeri muslim itu telah menukar kenikmatan surga dengan secuil nikmat dunia. Demi dunia mereka tega melihat darah saudara – saudara mereka tertumpah. Semoga secuil suara ini ada artinya bagi keberpihakan terhadap saudara – saudaraku di Palestina.

0 Comments

Post a Comment