Thursday, February 29, 2024

Eza Gionino Memilih Jalan Hijrah

 

Liputan6.com

Mendengar seseorang memutuskan berubah jadi lebih baik itu menyenangkan loh. Kali ini tentang artis Eza Gionino yang mengaku memilih jalan hijrah. Kini dia lebih menjaga solat 5 waktunya.

Setiap adzan berkumandang dia berupaya menghentikan aktivitasnya meski di tengah syuting. Eza merasa dirinya lebih tenang setelah memperbaiki diri. Dia merasa lebih kalem, legowo menerima apapun dan lebih santau dalam menghadapi masalah.

Yup, satu hal yang berubah setelah memutuskan lebih dekat dengan Allah swt adalah ketenangan. Aku pun pernah merasakannya. Saat aku mulai merasa penasaran untuk mengetahui lebih jauh tentang agamaku, saat mengikuti majelis ilmu, satu persatu pintu kelegaan dalam hatiku terbuka.

Ternyata Islam itu agama yang sempurna, satu – satunya agama yang tiada cacat dan cela pada kitab sucinya. Mengatur seluruh lini kehidupan manusia mulai ibadah, akhlak, makanan, pakaian, muamalah, politik dan sanksi. Mendapatkan penjelasan seperti itu dari guru ngaji aku merasa bahagia.

Islam menandang perempuan sebagai kehormatan yang harus dijaga. Islam memuliakannya depan peran sebagai isteri dan ibu pencetak generasi manusia. Sejumlah aturan Islam ditetapkan untuk mewujudkan itu semua. Senang banget dong diistimewakan oleh Allah swt.

Bagi keluarga yang memiliki 3 anak perempuan yang dirawat dan dididik untuk taat pada Allah, maka jaminan surga bagi orangtuanya. Istimewa kan.

Kata nabi saw, ibu-lah yang harus dihormati tiga kali lebih banyak dari bapak. Surga berada di ‘telapak kaki’ ibu. Masya allah. Makin tau ajaran Islam makin senang, lega, tenang karena memiliki Islam sebagai kunci – kunci penyelesaian masalah yang membawa ketenangan.

Selain ketenangan, jalan hijrah juga bertabur ujian. Tak selamanya ketenangan akan dirasakan. Allah swt mengatakan dalam Quran surat al Mulk ayat dua bahwa Allah swt menciptakan hidup dan mati untuk menguji hambaNya siapa yang paling baik amalnya.

Di ayat lain juga dikatakan bahwa Allah swt pasti akan menguji manusia dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan jiwa. Jika kita bersabar menghadapi ujian Allah maka dapat pahala besar dan surga.

Maka cerita hijrah tak hanya ditaburi ketenangan, melainkan juga kegalauan dan kesedihan. Semisal kisah muallafnya dokter gigi Carissa Putri. Atas pilihannya masuk Islam, dia mendapatkan penentangan dari orang terdekatnya yakni suaminya.

Ia dijauhkan dari anak – anaknya hingga pernikahannya harus berakhir karena keteguhan imannya. Namun dibalik ujian itu dia tetap merasakan ketenangan. Karena iya yakin pilihannya benar dan ujian itu diberikan Allah swt sebagai bentuk kasih sayangNya, menaikkan derajat Carissa dihadapan Allah swt.

Bagi teman – teman yang sedang menempuh jalan hijrah, semoga diberikan keteguhan iman dan kemudahan oleh Allah swt. Aamiin.

 

0 Comments

Post a Comment