Thursday, March 07, 2024

Rekomendasi Pilihan Aktivitas Jelang Ramadhan

 

https://www.detik.com/

Tinggal menghitung hari, bulan suci Ramadhan akan segera tiba. Alhamdulillah, bersyukur rasanya telah dipertemukan kembali oleh Allah swt dengan bulan suci Ramadhan.

Sebab Ramadhan adalah satu bulan diantara bulan – bulan lainnya dimana Allah royal terhadap pahala. Amal solih dilipatgandakan pahalanya saat di lakukan di bulan Ramadhan.

Saat kita telah diberi kesempatan oleh Allah swt kembali merasakan ibadah di bulan Ramadhan, selayaknya kita memanfaatkannya sebaik mungkin untuk tujuan utama tersebut. Apa yang harus kita lakukan jelang Ramadhan?

Setidaknya ada beberapa rekomendasi pilihan aktivitas yang bisa kita lakukan. Pertama, pastikan utang puasa kita di Ramadhan bulan lalu sudah terbayarkan. Sebenarnya memikirkannya saat ini sudah telat.

Saya juga menuliskan ini cukup telat. Tapi kalau utang puasanya semisal tinggal satu lagi, masih bisa dibayar besok ya. Tapi kalau besoknya sudah nggak bisa lagi. Kedua, membersihkan hati dari rasa benci.

Tidak pas rasanya kita beribadah dalam keadaan masih memiliki dendam atau meninggalkan rasa kecewa di hati orang lain. Ya, biasanya menjelang Ramadhan kita akan maaf memaafkan kepada orang – orang yang pernah berinteraksi dengan kita. Hal itu baik dilakukan agar kita beribadah dalam keadaan khusyuk.

Ketiga, sudah terlebih dahulu membeli baju lebaran. Menjadi kebiasaan di masyarakat, jelang lebaran sibuk membeli baju lebaran. Meski harga kebutuhan pokok semakin naik hingga menyesakkan dada, namun tradisi beli baju lebaran masih saja ramai.

Mereka lupa kalau Ramadhan adalah bulan ibadah. Saat sibuk – sibuk menyiapkan lebaran, saat itu masih Ramadhan. Malah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan seharusnya tetap menjaga ruh ibadah pada diri kita, karena Ramadhan akan pergi lagi.

Maka menurut saya, baiknya menyiapkan baju lebaran terutama untuk anak – anak dilakukan sebelum Ramadhan. Sekaligus disitu mendidik anak – anak bahwa Ramadhan itu istimewa karena bulan ibadah. Kita layak menyambut hari kemenangan jika sudah memanfaatkan Ramadhan sebaik – baiknya untuk ibadah.

Keempat, beres – beres rumah. Termasuk dari aktivitas persiapan lebaran lainnya yang dilakukan di masyarakat adalah beberes rumah besar – besaran. Seperti ngecat, merapikan berbagai sis rumah, menambahkan pernak – pernik yang bisa memperindah rumah. Biasanya dilakukan di bulan Ramadhan.

Sama halnya dengan membeli baju lebaran tadi, aktivitas tersebut akan menyibukkan dan mungkin saja bisa mengganggu Ramadhan kita. Maka saran saya sebaiknya melakukan hal tersebut sebelum Ramadhan. Sehingga fokus di Ramadhan memang ibadah.

0 Comments

Post a Comment