Wednesday, November 17, 2021

Masih Ada Yang Meremehkan, Ini 7 Manfaat Jalan Kaki

 

Kendaraan kami masih satu. Aku dan suami memiliki satu sepeda motor yang kami pakai bergantian. Saat kami butuh menggunakan sepeda motor di waktu yang bersamaan, aku sering memilih untuk jalan kaki saja. Sebab perjalananku lebih dekat dibanding suamiku, masih bisa di tempuh dengan jalan kaki sekitar 15 hingga 30 menit.

Seringkali, ketika teman yang aku kunjungi mengetahui kalau aku datang ke rumahnya jalan kaki, mereka merasa kasihan. Lalu pulangnya mereka mau mengantarku pulang.

Aku sudah bilang, kalau aku memang ingin jalan kaki. Aku mau lihat – lihat suasana di jalan. Tapi karena rasa segan plus kasihan, mereka ngotot ingin mengantarkanku pulang. Kalau aku tak mau, satu diantara mereka berkata, “Masak menolak kebaikan orang.”

Kalau sudah dibilang seperti itu, aku sudah tak bisa berucap apa – apa lagi. Akhirnya aku diantar pulang dengan motor temanku. Kalau perjalanan pulang melewati pasar, aku meminta diturunkan di pasar dengan alasan aku mau beli sesuatu. Memang benar, aku beli sesuatu. Tapi kemudian dari situ aku menikmati jalan kaki.

Pada kondisi tertentu jalan kaki memang bukan pilihan terbaik. Misal, saat kita sedang terburu – buru, mengejar waktu. Atau jalan kaki dianggap boros waktu dan melelahkan. Bisa jadi memang benar. Tapi dibalik itu semua, jalan kaki ada manfaatnya kan.

Dilansir dari alodokter.com, setidaknya ada 7 manfaat jalan kaki:

1.    Menjaga Kesehatan Jantung

Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, memperbaiki sirkulasi dasar dan menguatkan jantung. Penyakit jantung menjadi satu diantara penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia kan ya. Sehingga penting untuk berusaha menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan jalan kaki.

Tetapi, bagi orang yang sudah terlanjur memiliki riwayat penyakit jantung, ternyata tak bisa sembarangan juga untuk jalan kaki. Harus terlebih dahulu konsultasi ke dokter untuk mengetahui durasi jalan kaki yang cocok bagi si penderita sakit jantung itu.

2.    Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Penyakit jantung berkaitan juga ya dengan kadar kolestrol dan tekanan darah seseorang. Kadar kolestrol yang normal dan tekanan darah yang stabil menjadi salah satu hal yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Caranya juga bisa dengan jalan kaki.

3.    Mencegah diabetes tipe 2

Jalan kaki tergolong olahraga ringan yang dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini karena olahraga semacam itu memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.

4.    Menurunkan berat badan

Nah, cerita menjaga kestabilan berat tubuh aku suka banget nih. Ini juga salah satu alasanku ingin sering berjalan kaki. Kalau kita berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari, maka ada kalori yang terbakar sekitar 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki kita, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Jalan kaki menjadi salah satu olahraga paling aman, sehingga habis melahirkan pun bisa dilakukan saat ingin mengurangi berat badan. Tapi masih ada catatan lainnya. Jalan kaki akan terasa efektif mengurangi berat badan saat dibarengi pola makan yang sehat.

5.    Memperkuat daya tahan tubuh

Hal ini berdasarkan sebuah hasil studi. Orang yang berjalan kaki selama 30 hingga 45 menit setiap hari, akan lebih jarang sakit dibanding mereka yang tidak olahraga.

6.    Mengurangi stres

Jalan kaki dikatakan dapat mengurangi stres karena saat tubuh beraktivitas, ia akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Pantesan suasana hati enak banget kalau lagi jalan kaki.

Dikatakan juga bahwa jalan kaki bikin tidur lebih nyenyak.

7.    Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi penipisan tulang hingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan jalan kaki.

Masih banyak manfaat jalan kaki lainnya. Artinya, membiasakan jalan kaki sangat baik bagi kita. Dengan syarat itu tadi, kita belum punya catatan satu penyakit yang menyulitkan untuk jalan kaki. Lalu ditambah dengan pola makan yang sehat. Jadi lebih mantap hasilnya

Info Menarik: Raja Baclink Tawarkan Backlink Berkualitas, Agar Website Jadi Teratas

2 Comments:

  1. wah aku suka jalan kaki, karena dari sd sampai sekarang. saat sma dikasih motor tapi gak pernah bisa, jd kemana2 naik angkot dan jalan kaki. sampai sekarang. Makanay suak heran lihat orang jarak sedikit saja naik angkot kalau aku mah jalan kaki, sehat dan irit ongkos

    ReplyDelete