Menu Makanan Favourit Di Bulan Ramadhan


https://www.tribunnews.com/

Senangnya bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan. Alhamdulillah. Dalam tulisan kali ini aku mau ngomongin tentang makanan. Yup. Rasulullah saw pernah bilang bahwa seorang yang berpuasa akan mendapat dua kebahagiaan. Pertama, kebahagiaan saat berbuka. Kedua, kebahagiaan saat kelak bertemu Rabb semesta alam Allah swt.

Kita rasakan sendiri ya kalau momen buka puasa itu menyenangkan. Utamanya kita bersyukur karena sudah mampu melewati sehari berpuasa. Saat berbuka kita bisa dibilang sukses hari itu melaksanakan puasa. Jadi senang deh. Ditambah lagi, setelah seharian berpuasa, ketemu makanan itu rasanya jadi istimewa. Makanya ramainya jual makanan untuk berbuka dan sahur menjadi salah satu ciri khas Ramadhan.

Mengenai makanan favorit bulan Ramadhan, aku punya cerita sendiri. Aku dan suami sedang ikhtiar untuk memiliki anak. Selain berobat ke dokter, kami juga menjalani pola hidup sehat. Dengan memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat, istirahat yang cukup dan rutin berolah raga.

Kami menjalani pola makan sehat dengan gizi seimbang dan minum air mineral minimal dua liter sehari. Karena kami juga kelebihan berat badan, maka untuk mencapai berat badan ideal, kami pun melakukan defisit kalori. Alhamdulillah sejauh ini kami konsisten.

Tentu karena semua dijalani dengan cara yang happy. Nggak terlalu menyiksa. Tetap bisa makan makanan kesukaan, meski diatur jumlah kalori dan kandungan gizinya juga dipertimbangkan.

Sekitar kurang lebih tiga bulan pola hidup sehat sudah dijalani. Kami sudah hampir mencapai berat badan ideal. Tinggal sekitar 3 kilo gram lagi berat badan yang mau aku turunkan. Suami juga kayaknya sama deh. Dalam hal ini kami memang sama-an. Menggemuk bersama, melangsing bersama. Hehe.

Jadi pada Ramadhan ini prinsipnya masih tetap dijalankan. Pola makan sehat yakni gizi seimbang dan defisit kalori. Namun tetap memilih menu yang disukai untuk menjaga kekonsistenan. So, ini beberapa menu favoritku di bulan Ramadhan ini.

https://www.alodokter.com/

Pertama, kurma. Buah satu ini saya pikir hampir semua orang menjadikannya sebagai salah satu menu berbuka ya. Karena rasanya yang manis dan kaya manfaat. Utamanya sebagai sumber energi, mengandung antioksidan dan segudang manfaat lainnya. Apalagi memulai berbuka dengan kurma adalah sunnah nabi. Jadi makin kuat alasan buat menjadikan kurma menu wajib saat berbuka. Kami pilih makan 3 butir kurma sukkari saat berbuka.

https://m.merdeka.com/

Kedua, air kelapa muda. Yang satu ini juga bagus banget buat menu berbuka. Bisa mengatasi dehidrasi ringan yang mungkin kita alami karena keterbatasan waktu minum di bulan Ramadhan. Menjaga daya tahan tubuh juga. Daging kelapa mudanya juga mengeyangkan.

Tapi aku cuma minum airnya saja, dicampur chia seed, jeruk nipis dan madu. Suamiku yang makan daging kelapanya. Kebetulan yang jual kelapa muda dekat banget sama rumahku. Jadi bisa deh setiap hari direncanain buat beli.

https://fitfoodiefinds.com/

Ketiga, whey protein. Salah satu yang penting diperhatikan saat diet adalah konsumsi protein yang cukup. Minuman whey protein jadi salah satu suplemen tambahan protein kami yang utama. Kebetulan rasanya juga enak. Kami pilih yang rasa susu coklat. Kayak minum susu coklat aja rasanya. Aku suka susu. Jadi yang ini favorit banget saat berbuka.

https://resepyou.com/

Keempat, aneka sayuran. Sayur juga menu wajib untuk hidup sehat kan ya. Sayur mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Paling tidak tiga jenis sayur setiap harinya rutin aku konsumsi. Seringnya toge, kacang panjang, sawi, kangkung, seledri dan lain sebagainya.

Alhamdulillah lidahku nggak rewel. Malah senang dengan rasa asli dari sayuran. Nggak perlu ditumis atau dikasih santan. Cukup dicelup air panas sebentar kalau perlu, atau dimakan mentah juga bisa setelah dicuci bersih. Kadang dicampurin bumbu urap atau bumbu pecel. Ini jadi cemilan yang bikin kenyang disaat berbuka.

Kelima, tomat. Berhubung aku lagi program hamil. Tomat menjadi menu favorit karena kandungan asam folatnya baik untuk promil. Rasanya juga enak dan mengenyangkan. Kadang aku makan tomat bareng dengan sari wortel, jeruk nipis dan madu. Tapi kalau lagi malas mengolahnya kayak Ramdhan ini, aku makan tomatnya aja dipotong-potong dan disatukan dengan sayuran.

Jadi sudah berjalan tiga hari bulan Ramadhan, menu berbuka ku adalah kurma, air kelapa muda plus chia seed, jeruk nipis dan madu, buah (yang wajib tomat, selain itu ganti ganti bisa pepaya, pisang dll), aneka sayuran dan protein shake. Masih ditambah dengan suplemen vitamain D dan Virgin Coconut Oil (VCO).

Sedangkan menu sahur aku pilih karbohidrat kompleks kayak oat, lauk pauk pada umumnya seperti sup dan tumisan. Masih ditambah satu sendok makan madu pahit, VCO, suplemen minyak ikan, dan minyak zaitun. Air mineral diminum satu setengah liter di waktu sahur. Dan setengah liter di waktu berbuka.

Tapi sesekali, seminggu sekali misalnya, boleh juga kok makan menu diluar yang ku sebutkan itu. Kayak di hari kedua puasa kemarin, aku buat risol. Suamiku suka risol. Tapi makannya dengan porsi secukupnya. Ini yang membuat kita betah menjadikan pola hidup sehat sebagai habbit. Kalau kamu makanan favoritnya apa?

No comments:

Post a Comment