23 Juli 2020

Cara Sehat Makan Kolang Kaling, ikuti 5 Langkah Ini


IDN Times.com


Kolang kaling bukan hanya cemilan yang asyik dimakan saat lebaran. Namun kapan pun biji pohon aren ini tetap enak untuk dinikmati. Manfaatnya juga banyak. Ia mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Baik untuk melembabkan kulit, memperkuat  tulang, memperlancar pencernaan dan cocok buat diet. Kandungan airnya yang cukup banyak pun membuatnya bisa mengatasi dehidrasi.
Sayangnya sebagian kita mengkonsumsi kolang kaling dengan cara yang kurang sehat. Kolang kaling dibikin manisan dengan campuran gula pasir atau sirum. Padahal gula pasir dan sirup mengandung kalori tinggi. Bila kebanyakan mengkonsumsinya dapat menggangu kesehatan kita. Gula pasir dapat menambah berat badan hingga obesitas. Bisa juga menyebabkan gula darah tinggi serta menyebabkan tekanan darah tinggi.
So, ada cara lain untuk bisa tetap menikmati kolang kaling dengan rasa manis tanpa gula pasir dan sirup. Yuk ikuti langkah membuatnya.

1. Langkah awal masih umum ya 
nakita.grid.id

Pada umumnya di awal kolang kaling direndam pakai air beras kurang lebih 15 menit.  Lalu direbus dengan mencampurkan daun jeruk dan daun pandan ke dalamnya hingga mendidih. Campuran daun jeruk dan daun pandan masing-masing juga memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh kita.

Daun pandan baik untuk menteralisir racun, mengatasi kanker, mengontrol gula darah, mengatasi nyeri dan radang, mengatasi rematik dan pegal linu serta mengtasi rambut rontok dan ketombe.

Sedangkan daun jeruk bermanfaat untuk saraf, aliran darah, pernapasan, melawan kanker, mengobati masalah pencernaan dan lain-lain.

2. Pewarna kolang kaling pakai kunyit
doktersehat.com
Untuk pewarna bisa turut dicampur ke dalam rebusan kolang kaling, sedikit bubuk kunyit. Kenapa pilih kunyit, bukan pewarna kue. Karena dari unsur pewarna kita juga pengen dong dapat nutrisi yang baik pula. Nggak sekedar pewarna. Kunyit ampuh meredakan peradangan, mengobati maag, mengempiskan perut kembung, mengurangi mual, meredakan nyeri haid dan bisa menurunkan berat barat.

Aroma kunyit menjadi ciri khas tersendiri dari kolang kaling sehat ini. Warna kuning tuanya juga jadi bikin kolang kaling tambah lebih segar. Maka kunyit bisa menjadi pilihan terbaik sebagai pewarna manisan kolang kaling sehat kita. 

3. Madu sebagai pemanis yang sehat
parenting.orami.co.id

Dalam keadaan masih panas pasca direbus, segera campurkan madu dengan kolang kaling. Ukuran sedikit banyaknya madu sesuai selera aja. Tunggu hingga kolang kaling dingin lalu masukkan ke kulkas agar lebih nikmat dan tahan lama.

Sudah jamak diketahui manfaat dahsyat dari madu. Diantara manfaat madu adalah menguatkan sistem imun tubuh, menjadi energi bagi tubuh, obat alami meredakan flu, anti diabetes, mencegah kanker, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke serta menekan efek buruk kolestrol dalam tubuh.

Pemanis kolang kaling satu ini pun nggak kalah enak rasa manisnya, plus bermanfaat bagi kesehatan

4. Gula aren alternatif pemanis lainnya
harapanrakyat.com

Selain madu, gula aren juga asyik loh dijadikan pemanis kolang kaling. Rasanya manis, mengandung nutrisi plus sebagai pewarna. Nutrisi yang dikandung oleh gula aren adalah antioksidan. Manfaatnya untuk kekebalan tubuh, mencegah peradangan dan infeksi. Juga bisa meningkatkan energi dengan cepat.

Manisan kolang kaling dengan bahan pemanis aren bakal membuatnya jadi berwarna coklat. Pencinta coklat sepertinya akan lebih selera tuh memakannya.

5. Konsumsi dengan wajar 
unsplash/Austrian National Library

Apapun makanannya, sebenarnya wajib makan tanpa kalap. Artinya, makan secukupnya, jangan kebanyakan. Kalau kita bisa mengontrol diri ketika makan, insya allah bakal jarang sakit.

Nabi Muhammad saw telah mengajarkan cara makan, yaitu makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Ini rumus ampuh buat sehat. So, makan kolang kalingnya diatur sedemikian rupa ya. Biar perutnya tetap terasa enak dan kesehatan terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar