22 Juli 2020

5 Hal Menyebalkan Dari Pasangan Yang Masih Bisa Dimaklumi


unsplash/Madalyn Cox
Manusia punya ‘segudang’ karakter. Bermacam ragam tipenya. Semua terbentuk selama proses tumbuh kembang manusia. Karakter itu bisa berubah ketika seseorang memiliki keinginan kuat untuk berubah. Karakter bisa pula melekat kuat dari kecil hingga dewasa dalam diri seseorang. Kalau terdidik dengan karakter yang baik, diteruskan juga nggak masalah ya. Tapi jika sebaliknya, karakter yang melekat pada diri ternyata buruk, itu tentu jadi masalah.
Kenyataannya lelaki punya beberapa karakter buruk yang menyebalkan. Meski begitu barangkali karakter cowok di bawah ini masih bisa dimaklumi ya. Yuk cek di bawah ini:

1.    Sangat jarang antar jemput
Kalau kalian memiliki suami yang stand by kapan aja buat antar jemput kalian kemanapun, mungkin itu menyenangkan. Kayaknya dapat perhatian terus dari suami.Terus bagi kalian yang mempunyai suami yang malas bergerak dan ogah antar jemput istrinya, mungkin menyebalkan. Serasa dicuekin.

Tapi sebenarnya masing-masing kondisi ada hikmahnya loh. Kalau suami kita rajin antar jemput, iya kitanya ngerasa diperhatikan dan terlihat disayang oleh teman-teman. Tapi kita jadi kurang kebebasan. Misal mau boncengan sama teman. Atau mau mampir kemana dulu, sementara suami pengennya langsung pulang. Kan nggak enak ya.

Jadi kalau suami jarang antar jemput kita ya gak perlu baper. Positif thinking aja deh. Berarti dia percaya kita bisa mandiri berkendara. Dan kita bisa lebih leluasa dalam berkendara.

2.   Jarang mandi

Jadi ingat sama Eros Sheila on Seven yang pernah blak-blakan ngaku jarang mandi. Bayangkan, dia bisa mandi dalam seminggu cuma sekali. Kebayang nggak gimana gerah, bau apek dan tebalnya tuh daki. Gimana kalau suami kita nggak doyan mandi kayak gitu? Mungkin jadi stress ya. Apa ini juga harus dimaklumi?

Wah masalahnya ini berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan ya. Ntar kasihan juga suami kita kalau dibiarin jarang mandi. Hidung kita juga kasihan nyium bau keringat yang menyengat. So, kalau kondisinya memang pas buat alasan nggak mandi, dingin misalnya, boleh la ya dimaklumi. Jangan sampai dibiarkan suami nggak mandi berhari-hari.

Tapi kalau suami keras kepala dengan kebiasaan buruknya itu, jangan jadikan masalah besar dong. Minta cerai misalnya, walah. Kita bisa coba berlapang dada, sembari tetap cari strategi dengan kepala dingin gimana agar dia berubah.

3.    Kentut sembarangan
Kita semua pasti setuju bau kentut itu menyiksa. Lalu bagaimana jika suami kita memiliki kebiasaan kentut sembarangan? Pasti sangat menyebalkan ya. Suara maupun aromanya benar-benar bisa bikin istri ngomel-ngomel. 

Sayangnya ada penelitian yang kurang mendukung kita yang ogah nyium bau kentut. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa menghirup kentut yang bau memiliki manfaat bagi kesehatan. Bau kentut dapat mengurangi resiko penyakit demensia. Hidrogen sulfida yang terkandung dalam kentut yang bau dapat mengubah cara enzim berfungsi dalam penyakit. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2524735/menghirup-bau-kentut-baik-untuk-kesehatan-dan-cegah-kanker

So, apa kalian masih mau menjadikan kebiasaan kentut pasangan sebagai masalah besar, atau memilih untuk memakluminya?

4.    Terkesan Pelit
Ada tipe suami yang kelihatan pelit dimata istri. Suami yang tidak selalu menuruti kehendak istri, meski dia memiliki uang. Dia hanya memenuhi kebutuhan istri seperlunya saja. Sementara perempuan biasanya suka kalap kan ya sama barang-barang yang unik dan lucu. Kadang malah barang tersebut hanya untuk dikoleksi, nggak dipergunakan.

Nah sebenarnya ada perbedaan antara pelit dan hemat ya. Jika suami memiliki penghasilan cukup namun sangat kurang dalam memenuhi kebutuhan keluarga, beli pakaian hanya saat lebaran saja misalnya, tentu ini keterlaluan dan bisa dikatakan pelit.

Tapi kalau suami sudah mencukupi gizi keluarga, pakaian anak isteri tampak bersih dan rapi, serta kebutuhan lain seperti pendidikan anak, listrik, air, hingga silaturahmi kepada orangtua sudah dipenuhi, rasanya itu cukup. Jika kita masih memiliki keinginan lain, seperti ingin berlian, tetapi suami nggak membelikan, kita bisa dong memakluminya.

Barangkali suami kita telah berjuang dari bawah hingga bisa mapan. Dia pernah bersakit-sakit dalam hidupnya. Sehingga dia lebih menghargai segala pencapaiannya. Lalu menjalani kehidupan dengan lebih rasional. Memenuhi kebutuhan, bukan keinginan.

5.    Meletakkan benda sembarangan
https://medium.com/@terapiaura/masalah-rumah-tangga-mertua-vs-menantu-apa-yang-harus-dilakukan-5f5047a3f5d9
Tipe suami berantakan sering membuat istri jengkel ya. Kira-kira prilakunya kayak tokoh Raj dalam film india lawas Chalte-Chalte. Apalagi istri Raj, Priya adalah cewek perfeksionis. Melihat handuk, sepatu dan kaos kaki diletakkan suami tidak pada tempatnya sering memicu pertengkaran antar mereka.

Kekesalan dengan kebiasaan suami semacam itu juga diceritakan oleh youtuber dengan akun Pita’s Life. Hal yang paling tidak disukainya dari suami adalah meletakkan benda habis dipakai di lantai.

Jarang terdengar suami yang bisa menghilangkan kebiasaan tersebut, jika sudah terlanjur dia miliki. Kecuali dengan usaha kerasnya dan peringatan terus-menerus dari istri, mungkin saja bisa berubah ya.

Namun jika suamimu adalah orang yang bertanggungjawab sama keluarga, perhatian dan penyayang, dan memiliki kebiasaan meletakkan benda sembarangan, maklumi saja yang satu itu. Atau kalian ingatkan terus beliau dengan berbagai strategi yang aman dari pertengkaran. Jangan sampai kalian kehilangan kebaikannya yang besar hanya karena sedikit kekurangan yang ada pada dirinya.

2 komentar:

  1. kalau aku dg pasangan sdh beberapa tahu krn pacaran 5 tahun jd sdh biasa. misal sejak pacaran maan mau dia antara jemput. mknya setelah menikan biasa saja. nah, kalau kentut sih aku yg suka karn bermasalah dg perutku yg sering kembung dan suamiku pertama ya terkaget2 tpi sekarang mah sdh biasa di bom

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. udah ikhlas suami di bom sama mbaknya ya

      Hapus