Monday, September 12, 2022

Kehilangan

 


Salah satu peristiwa yang paling ditakuti manusia adalah kehilangan. Baik kehilangan orang yang disayangi ataupun kehilangan barang berharga miliknya. Semakin kita mencintai sesuatu itu, semakin sulit kita untuk menerima keadaan, bahwa kita telah kehilangan.

Kehilangan menjadi salah satu ujian yang diberikan Allah swt pada manusia. Setiap orang pasti akan merasakannya. Terutama kehilangan orang yang dicintai. Baik dipisahkan oleh kematian, dipisahkan jarak atau dipisahkan oleh keadaan. Allah swt berfirman:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah: 155)

Saat ini aku berada pada fase itu, kehilangan. Tentang apa itu, cukuplah aku yang tahu. Yang pasti, kehilangan itu sangat menyakitkan. Butuh waktu untuk benar – benar menerima kenyataan. Sebagai muslim, cara terbaik mengatasi luka hati karena kehilangan adalah kembali pada Allah swt.

Barangkali disitulah salahku, terlalu mencinai. Tak sadar, bahwa di dunia ini tak ada yang abadi. Semua pasti berubah. Pertemuan dan perpisahan. Mendapatkan ataupun kehilangan, semua fase itu harus kita lewati dalam menjalani hidup.

Kalimat terakhir di al Quran surat al Baqarah ayat 155 itu sangat indah. “Dan berikanlah berita gembira kepada orang – orang yang sabar. Hal pertama yang harus dilakukan oleh muslim dalam menghadapi musibah adalah bersabar.

Bersabar dalam hal itu artinya menerima kondisi tersebut sebagai ketetapan dari Allah swt. Seharusnya penerimaan itu terjadi segera setelah musibah terjadi. Namun karena kelemahan imanku, aku butuh waktu menerimanya.

Bahkan butuh meminta kepada Allah swt untuk diberi kesabaran. Karena bersabar itu ternyata tidak mudah.Pantaslah jika pahala sabar itu besar. Orang yang sabar pantas bergembira atas kemampuannya bersabar. Allah swt sendiri yang menyampaikan, bahwa orang bersabar akan mendapat kabar gembira dari Allah, yakni berupa balasan yang indah dari Allah swt.

Setelah bersabar, selanjutnya meminta pertolongan Allah swt untuk bangkit. Cara meminta pertolongan pada Allah, selain bersabar adalah salat. Allah swt berfirman: “Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat”. (QS. Al baqarah: 45)

Disinilah momen kita untuk mendekatkan diri kembali pada Allah. Lebih dekat dari biasanya. Mengadukan segala resah pada Sang Pemilik Hati. Meminta jalan keluar terbaik, karena Dia Sang Maha Kuasa.

0 Comments

Post a Comment