Monday, September 05, 2022

Doa, Cara Terhebat Bagi Mukmin Untuk Meminta Pertolongan Pada Allah

 

https://www.kompas.tv/

Waktu itu, pertama kalinya aku menyadari kalau doa adalah senjata orang mukmin. Yaitu ketika aku kelas 3 SD. Waktu kelas 1 dan 2 SD, aku selalu langgaran ranking 3. Lalu di kelas 3, aku ingin mendapat ranking 2.

Maka aku solat dan memanjatkan doa selama beberapa hari sebelum pembagian rapot. Masya allah. Doa itu benar benar dikabulkan Allah. Aku mendapat ranking 2. Meski selanjutnya kembali ke ranking 3.

Doa adalah usaha langit yang bisa dilakukan seorang muslim untuk mencapai keinginannya. Allah swt sendiri yang meminta hambaNya berdoa kepadaNya. Dia berjanji akan mengabulkan doa hambaNya. Allah swt berfirman:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Dalam urusan doa, ada beberapa hal penting yang harus dipahami oleh seorang muslim. Agar ia tidak kecewa ketika meminta kepada Allah. Kecewa karena merasa tidak dikabulkan doanya.

Pertama, dalam ayat tersebut, ada syarat agar dikabulkannya doa. Yaitu penuhi perintah Allah swt dan beriman kepadaNya. Semisal, Allah menyuruh agar meminta pertolongan padaNya dengan sabar dan salat. Sesuai firman Allah swt:

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (QS. Al Baqarah: 45)

Maka itu yang harus kita lakukan. Yaitu saat menghadapi ujian, kita menyadari ujian itu dari Allah dengan maksud baikNya, menerima ujian itu dan melaksanakan solat untuk memohon pertolongan padaNya.

Demikian dengan perintah Allah lainnya, harus dilaksanakan dan laranganNya dijauhi.

Kedua, cara Allah mengabulkan doa ada 3. Hal ini sudah sering didengar di pengajian. Allah swt tidak selalu mengabulkan doa hambaNya persis seperti apa yang diminta. Bisa jadi doa dikabulkan dalam bentuk dilindungiNya si hamba dari mara bahaya. Bisa juga, doa dikabulkan dalam bentuk sesuatu di akhirat sana.

Intinya, kita harus meyakini, Allah pasti tidak melupakan hambaNya. Allah pasti memperhatikan kebutuhan hambaNya. Allah pasti mengabulkan doa hambaNya dalam bentuk yang terbaik menurutNya.

Ini juga yang berupaya selalu aku yakini, terutama saat ini, dimana aku butuh pertolonganNya untuk satu hal tertentu. Mengadu kepada Allah adalah cara terhebat yang bisa aku lakukan, saat aku merasa tak berdaya dihadapan manusia.

 

0 Comments

Post a Comment