Thursday, January 13, 2022

Kenali Penyakit Asam Urat Yang Sering Terjadi Pada Orang Dewasa

 

https://www.harianmassa.id/


Asam urat familiar di telingaku. Beberapa orang anggota keluargaku menderita asam urat. Mertua, kakak ipar, abang ipar dan kenalan. Ternyata di Indonesia penyakit asam urat terbilang biasa atau banyak terjadi pada orang dewasa ya.

Perhimpunan Reumatologi Indonesia menyatakan bahwa 1-2% orang dewasa mengalami penyakit asam urat. Penderitanya 13 orang dari 1.000 pria dan 6 orang dari 1.000  wanita.

Yang kulihat dari penderita asam urat di sekitarku, penyakit ini tak sama seperti penyakit jantung atau kanker. Tingkat berbahayanya lebih rendah.

Tapi yang namanya sakit tetap saja mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Sakit itu pada dasarnya dari Allah swt. Buktinya, ada orang-orang yang sudah menjaga kesehatannya dengan baik, toh sakit juga.

Namun bukan berarti lantas manusia tidak perlu berusaha menjaga kesehatan. Usaha adalah ranah manusia yang diperintahkan oleh Allah swt. Jadi memiliki pola hidup sehat menjadi satu keharusan sebagai wujud usaha.  

***

Bicara tentang penyakit asam urat, kita harus mengetahui seluk beluknya sebagai upaya menghindarinya.

Penyakit asam urat (gout) adalah satu jenis radang sendi yang terjadi karena kondisi penumpukan kristal asam urat. Penumpukan tersebut bisa terjadi di berbagai sendi seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jempol kaki.

Jadi penderita asam urat akan merasakan nyeri dan bengkak pada bagian sendiri tempat menumpuknya asam urat. Tapi adakalanya kristal asam urat terbentuk pada ginjal dan saluran kemih. Hal itu bisa mengganggu fungsi ginjal dan saluran kemih.

Penyakit asam urat disebabkan oleh dua hal, yakni terlalu banyak asam urat yang dihasilkan tubuh atau fungsi ginjal dalam membuang asam urat tidak bekerja dengan baik.

Makanya kebiasaan memakan makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, kacang-kacangan dan seafood meningkatkan resiko terkena penyakit asam urat.

Obesitas juga tinggi resiko terserang penyakit asam urat. Pecandu alkohol juga memiliki resiko yang sama. Untungnya Islam melarang muslim minum alkohol ya. Jadi harusnya untuk masalah alkohol muslim sudah selesai ya.

Kalau gejala penyakit asam urat sudah sangat mengganggu dan kita pergi ke dokter, maka dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan untuk memberikan penanganan.

Dokter akan menanyakan keluhan kita. Lalu melakukan pemeriksaan fisik seperti darah, urine dan cairan sendi. Setelah itu pasien akan diberi obat yang tepat sesuai kadar penyakitnya. Seperti pemberian obat anti nyeri, anti radang atau pengontrol asam urat.

Kalau gejala asam urat sudah terasa di tubuh kita, sebaiknya ubah gaya hidup menjadi lebih sehat deh. Caranya rutin berolahraga, jauhi makanan dan minuman tinggi purin serta cukupi asupan air putih.

Sebab ternyata penyakit asam urat tidak bisa sembuh total. Penyakit ini hanya bisa dikontrol dengan obat-obatan dan menjalani gaya hidup sehat. Kalau menurutku mending menjaga pola hidup sehat untuk mempertahankan kesehatan ketimbang ketergantungan pada obat-obatan sih. Bakal ada resiko lainnya kan kalau rutin minum obat.

Mengubah gaya hidup inilah yang sering sulit dilakukan banyak dari kita. Seperti ibu mertuaku yang tak ingin dibatasi jenis makanannya. Akhirnya penyakitnya makin hari makin parah.

Kasihan sih melihatnya makin lama makin susah berjalan. Kalau rasa nyerinya kumat bisa sampai nangis. Tapi mau gimana lagi. Saat ini beliau hanya bergantung pada obat-obatan. Minum air putih lumayan, olahraga tidak bisa lagi dan makan bebas.

Yang dikhawatirkan adalah terjadi komplikasi. Kalau sudah cerita penyakit yang komplikasi, bukan sekedar nyeri yang dirasa ya, tapi merusak organ tubuh. Kemungkinan komplikasi penyakit ini adalah kerusakan sendi, batu ginjal hingga gagal ginjal.

Semoga kita sehat selalu dengan pola hidup teratur dan mengisi hari-hari dengan aktivitas bermanfaat ya. Aamiin.

Referensi:

https://www.alodokter.com/rematik-asam-urat

https://www.halodoc.com/kesehatan/penyakit-asam-urat

https://hellosehat.com/muskuloskeletal/radang-sendi/pengertian-asam-urat/

https://www.klikdokter.com/penyakit/asam-urat

0 Comments

Post a Comment