Wednesday, January 12, 2022

5 Pilihan Buah Tangan Untuk Orang Sakit

https://www.suara.com/


Salah satu hak muslim atas muslim lainnya adalah dikunjungi saat sakit. Rasulullah saw bersabda:

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Hak muslim kepada muslim yang lain ada enam.” Beliau bersabda, ”Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman).” (HR. Muslim)

Menjenguk saudara seiman saat sedang sakit akan menghibur dirinya. Aku pun merasakan, ketika dijenguk saat sakit hati menjadi senang. Selain itu, menjenguk orang yang sakit sebenarnya bermanfaat untuk yang menjenguk juga.

Melihat orang yang sakit akan membuat kita mensyukuri nikmat sehat. Hal itu juga mengingatkan kita kalau sakit bisa datang kepada siapa saja. Saat ini orang lain. Bisa jadi besok kita yang sakit.

Menyadari hal itu bisa membuat hati kita terjaga, tidak merasa selamat dari sakit. Sehingga selama tubuh sedang sehat, kita akan terdorong mengisi waktu dengan amal-amal salih yang dicintai Allah swt. Kita pun menjaga agar gaya hidup kita bisa tetap sehat.

***

Saat kita mengunjungi orang sakit, selain doa dan wajah yang ceria untuk memberinya semangat, umumnya kita akan membawa buah tangan. Pada kesempatan ini aku akan berbagi tentang jenis buah tangan apa saja yang menjadi pilihanku saat menjenguk orang sakit.

Pertama, ayam kampung. Belakangan ini aku sering memilih ayam kampung. Beberapa temanku yang istirahat pasca melahirkan ku bawakan ayam kampung mentah.

Sepemahamanku, daging yang mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, lemak baik dan lain-lain sangat bagus untuk pemulihan orang yang sakit. Apalagi kalau di masak dengan cara dibuat sup, aku sendiri suka. Rasanya segar. Inilah alasanku.

Kenapa pilih ayam kampung? Aku pikir hal ini sudah banyak diketahui orang ya, kalau ayam kampung pakannya lebih alami ketimbang ayam negeri. Ayam kampung juga tidak disuntik hormon seperti ayam negeri. Jadi ayam kampung lebih sehat.

Kedua, Pisang. Dari banyaknya jenis buah-buahan, pisang jadi pilihan utamaku untuk dibawa mengunjungi orang sakit. Sebab pisang cukup padat nutrisi. Pisang mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat dan lain sebagainya. Pisang bukan buah musiman. Banyak dijual. Jadi mudah didapatkan.

Ketiga, madu. Aku juga pernah membawakan madu untuk teman yang sakit. Kita semua juga udah paham ya manfaat madu. Asalkan yang dikonsumsi madu asli, akan sangat baik bagi pemulihan orang sakit.

Keempat, menu masakan. Ketika menjenguk orang sakit, menurutku kita harus menyesuaikan keadaannya dengan buah tangan apa yang cocok untuknya. Pernah ada temanku yang sakit, sementara tak ada keluarga yang sedang merawatnya.

Maka aku dan teman lainnya berinisiatif memasakkan satu menu lalu membawanya ke rumahnya. Sebenarnya saat itu dia tidak sakit yang serius. Hanya demam dan flu saja. Tapi tetap saja badan yang kurang fit butuh istirahat.

Kelima, minyak goreng dan telur. Nah, kalau aku sedang terburu-buru hingga tak sempat mempersiapkan buah tangan yang akan dibawa menjenguk teman sakit, biasanya aku beli apa yang ada di kedai menuju rumahnya.

Pilihan tepat menurutku adalah kebutuhan dapur. Jadi aku pilih sejumlah sembako seperti minyak goreng dan telur. Keduanya cukup simpel untuk bisa dijadikan menu sarapan misalnya.

Keenam, lain-lain. Selain yang aku sebutkan di atas, kadang aku hanya bawa roti. Terkadang juga dana, kalau kira-kira dianggap teman yang sakit sangat butuh tambahan biaya berobat. Biasanya kalau seperti ini, aku dan teman-teman lainnya memberi uang yang telah kami kumpulkan bersama.

Semoga Allah swt selalu memberi kita kesehatan. Bagi yang sakit semoga lekas sembuh dan sabar dengan sakitnya. Semoga yang menjaga keluarganya yang sedang sakit juga diberi Allah swt kekuatan serta kesabaran. Aamiin.

0 Comments

Post a Comment