Friday, March 31, 2023

5 Cara Agar Tetap Sehat Selama Ramadhan

 

https://www.merdeka.com/

Bulan Ramadhan adalah bulan ibadah. Di sisi lain, bagi yang kurang terbiasa puasa sunnah, barangkali akan merasakan tantangan untuk tetap sehat dan bugar meski sedang berpuasa di bulan Ramadhan.

Mau tak mau, puasa di bulan Ramadhan membuat rutinitas sehari-hari dan kebiasaan makan menjadi berubah. Tips di bawah ini bisa dicoba, sebagai upaya membuat kamu tetap sehat dan berenergi saat berpuasa selama bulan Ramadhan.

1. Tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk tetap menjaga asupan air saat sahur maupun berbuka. Saya sendiri mengupayakan minum di waktu sahur sekitar satu liter hingga satu setengah liter air. Sisanya sekitar 500 ml saya penuhi di waktu berbuka. Saya bisa mencicil minum air di waktu sahur, mulai dari bangun tidur, memasak untuk persiapan sahur hingga jelang makan sahur.

Saya bangun jam setenga empat pagi, untuk solat sunnah lalu memasak makanan sahur. Saya baru makan sahur pada pukul setengah lima. Selama satu jam saya pelan pelan meminum air sebanyak satu hingga satu setengah liter air. Alhamdulillah, di siang hari mulut saya masih terasa segar, basah, tidak kering.

2. Makan makanan seimbang

Selama sahur dan berbuka puasa, konsumsilah makanan seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks dan protein untuk membantu mempertahankan tingkat energi.

Saya sendiri suka makan dua buah telur di waktu sahur. Dipadu dengan oat dan pokat, madu, kurma, kacang almond, chia seed, minyak kelapa dan minyak wijen. Pada saat buka puasa penuhi dengan sedikit karbohidrat berupa nasi, protein semisal tempe, ayam atau ikan, dan sayuran serta buah buahan.

Alhamdulillah puasa yang sudah beberapa hari saya jalani terasa tetap enerjik. Bisa tetap olahraga di waktu jelang berbuka puasa.

3. Hindari makan berlebihan

Meskipun tergoda untuk menikmati makanan kaya dan berat selama jam-jam non-puasa, makan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan selama periode puasa.

Saya sendiri alhamdulillah mampu menghindari hal ini.

4. Menggabungkan aktivitas fisik Bahkan selama Ramadan, penting untuk tetap aktif.

Terlibat dalam olahraga ringan, seperti berjalan atau peregangan. Namun pastikan untuk menjadwalkan rutinitas olahraga kamu di sekitar waktu makan dan hindari olahraga intens selama jam puasa.

Saya sendiri memilih berolahraga ringan sekitar satu setengah jam sebelum berbuka puasa

5. Istirahat yang cukup

Selama bulan Ramadhan, penting untuk memprioritaskan istirahat dan relaksasi untuk menjaga rutinitas yang sehat. Cobalah untuk menghindari asupan kafein yang berlebihan, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat mengganggu pola tidur Anda.

Nah, ini nih yang masih saya upayakan. Entah kenapa beberapa bulan belakangan saya tidur di malam hari sekitar 4 hingga 5 jam saja. Mata panda pun mulai muncul. Padahal jam 9 malam sudah selesai solat isya dan tarawih di masjid.

Jika tidur jam 9 lalu bangun jam 3 pagi untuk solat tahajjud, maka tidur 6 jam sudah memenuhi batas minimal istirahat yang cukup di malam hari. Semoga ke depan aku bisa.

Singkatnya, untuk mempertahankan gaya hidup sehat selama Ramadhan, penting untuk tetap terhidrasi, makan makanan seimbang yang tidak terlalu berat, gabungkan aktivitas fisik sesuai kemampuan kamu, dan utamakan istirahat yang cukup.

0 Comments

Post a Comment