Friday, March 31, 2023

Berkah Waktu Sahur

 

https://www.merdeka.com/

Salah satu hikmah bulan Ramadhan adalah mengembalikan kebersamaan keluarga di meja makan. Menurut aku loh ya. Pada sebagian keluarga, mungkin di hari – hari biasa jarang bertemu di meja makan, karena jadwal kegiatan sehari hari yang berbeda – beda. Tapi di bulan Ramadhan, sebuah keluarga bisa berkesempatan untuk sahur dan buka puasa bersama.

Wajarlah waktu sahur itu salah satu momen yang disukai saat Ramadhan tiba. Yup, sahur merupakan salah satu amal sunnah di bulan Ramadhan. Bahkan jika tak sempat makan di waktu sahur, Rasulullah saw menyuruh kita untuk sahur meski hanya dengan air putih saja.

Ini aku kutip tulisan Ustadz Yuana Ryan Tresna, pengasuh Pesantren Khadimus Sunnah, tentang berkah sahur. Dalam sebuah hadis disebutkan,

حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً.

Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abu Iyas, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Shuhaib, ia berkata, "Aku mendengar Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu berkata, 'Nabi shallallahu 'alaihi wassalam bersabda, Bersahurlah kalian, karena di dalam sahur ada berkah.'.” (HR Bukhari no. 1789).

Sahur adalah waktu menjelang Subuh. Maksud hadis di atas adalah anjuran dari Nabi shallallahu 'alaihi wassalam agar orang yang akan berpuasa, terutama puasa Ramadan agar makan sahur sebelum datangnya Subuh. Waktu sahur adalah waktu penuh berkah.

Berkah itu apa?

Berkah adalah “bertambahnya kebaikan” dalam hidup. Makan sahur tentu menambah kekuatan bagi orang yang akan puasa di siang hari. Bahkan, menurut salah satu hadis riwayat imam Ahmad, hendaklah bersahur walaupun hanya dengan seteguk air.

Banyak sekali hikmah dari makan sahur, terutama saat Ramadan, di antaranya:

- Waktu sahur adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdoa dan beristigfar.

- Syiar Islam yang sangat kuat untuk dihidupkan agar umat Islam terbiasa bangun pagi hari dan meramaikan masjid untuk salat Subuh berjemaah.

- Bersedekah dan berbagi makan di waktu yang penuh berkah.

- Jika terbiasa untuk tidak kesiangan subuh, maka tidak ada lagi cerita terlambat datang ke kantor, terlambat ke sekolah dan terlambat-terlambat lainnya.

- Mendidik seluruh anggota keluarga untuk istiqamah bangun pagi dan tidak tidur terlalu malam, apalagi begadang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Cepat tidur dan cepat bangun adalah kebiasaan baik. Wallahualam.

(Sumber: Pusat Kajian Hadis)

0 Comments

Post a Comment