Saturday, June 04, 2022

Aby Restapi, Mantan ‘Cewek’ Yang Sudah Tobat

 



Aku mengenal nama Aby Restapi dari channel Youtube Arie Untung. Aby diwawancarai terkait perjalanan hidupnya yang menarik perhatian banyak orang. Aby Restapi, lelaki yang sebelumnya dikenal di jagad maya sebagai selebgram dengan penampilan perempuan.

Kini Aby sudah hijrah memperbaiki dirinya. Kembali pada fitrahnya. Dua tahun belakangan, ia tengah sibuk bekerja di sebuah perusahaan swasta. Aby kilas balik tentang perjalanan hidupnya. Latar belakang mengapa sampai ia menjadi Aby yang dulu.

Awalnya 2 tahun setelah lulus SMA di tahun 2013, Aby bekerja sebagai fashion stylish. Disitu pergaulannya menuntutnya untuk berpenampilan seperti perempuan. Dia pun mencoba memakai pakaian perempuan. Katanya, klien yang cewek lebih nyaman dengan tampilannya itu.

Pada tahun 2016 Aby total memakai pakaian perempuan. Dia hanyut terbawa ke dalam kebiasaan barunya. Ia melakukan sejumlah terapi untuk mengubah penampilan. Ia terapi hormon untuk membesarkan payu dara, menghambat bulu, menyamarkan urat-uratnya, menyuburkan rambut dan lain sebagainya.

Bentuk badan dan kulitnya pun perlahan menjadi lebih perempuan. Masih harus ditambah dengan make up dan rajin ngeblow rambut.

Biaya yang dikeluarkan Aby untuk itu semua cukup besar. Ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Seringkali ia harus pula merasakan efek samping dari terapi tersebut. Seperti meriang, ngilu dan mood yang tidak stabil. Dia pun menjadi sering marah.

Aku sudah bisa memperkirakan, Aby dekat dengan dunia malam. Saat itu, pulang kerja dia pakai make up lalu pergi jalan. Kadang ke klub. Kadang nongkrong di kafe. Begitu setiap hari. Disitu ia merasakan enaknya hidup yang dijalaninya. Meski uangnya cepat habis untuk penampilan, tapi dia mudah mendapat hal-hal yang gratis.

Ada saja cowok yang mendekatinya saat ia nongkrong. Lalu makanannya dibayarin. Cowok yang bersamanya bermacam-macam. Ada yang belum menikah bahkan yang sudah menikah pun mendekatinya.

Namun tetap saja, hidup tak sesuai fitrah lebih banyak tak enaknya. Seorang lelaki yang terpaksa harus repot menjaga penampilan layaknya perempuan pasti merasa lelah. Perempuan sendiri, kalau kebanyakan memperhatikan penampilan juga bakal kehabisan banyak waktu dan merasa lelah.

Itu juga yang dirasakan Aby. Dia sebenarnya lelah menjalani hidup yang seperti itu. Kemana-mana harus make up dulu, harus rutin minum obat hormon dan harus rajin ngeblow rambut. Tapi pekerjaannya disitu. Dia dapat uang dari kegiatannya itu.

Makanya meski lelah, dia tetap menjalaninya hingga tahun 2018. Aby mengaku selama masa-masa itu, ia masih tetap beribadah, minimal salat jum’at. Salat lima waktu dikerjakan juga tapi bolong-bolong.

Sayangnya, salatnya masih belum membuatnya merasa bersalah. Walau kadang dia bertanya, “Tuhan benar nggak ini yang harus dijalani?”

***

Rupanya, sejak kecil Aby memang kurang berkomunikasi dengan orangtua. Ia tak merasa dekat dengan ayahnya. Ditambah lagi, ibunya senang kalau ia dekat dengan aktivitas seni seperti menari dan aktivitas lainnya yang lebih feminim. Hal itu turut berperan memudahkannya berprilaku menyimpang

Sempat waktu SMP hati Aby bergejolak. Dia berpikir, “Aku laki-laki kok nari?”

Tapi pikiran itu berlalu begitu saja dan kegiatan Aby mengalir seperti biasa.

Saat mengetahui kalau Aby benar-benar seutuhnya berprilaku seperti perempuan, orangtuanya pun santai saja. Mereka tidak banyak berkomentar. Sikap keluarga yang demikian justru membuat Aby berpikir ulang tentang pilihan hidupnya.

Setelah tahun 2018, ada satu titik dimana dia berproses untuk kembali. Awalnya, ia mulai malas terapi hormon dan malas pakai make up. Beberapa minggu kemudian dia mimpi tentang ibunya hingga ada pikiran untuk mengakhiri penyimpangannya.

Aby benar-benar serius untuk kembali menjadi dirinya setelah bertemu teman lama yang membuatnya yakin dalam melangkah. Dia pun lega, bisa hidup simpel layaknya lelaki pada umumnya. Dia nggak perlu ribet melakukan sejumlah ritual untuk menjaga penampilan. Setelah 6 bulan, efek suntik hormon di tubuhnya pun hilang total. Selanjutnya ia lebih mendekatkan diri pada Allah swt.

Aby memberi tips kepada siapa saja yang ingin keluar dari prilaku menyimpang seperti yang pernah dia lakukan. Paling awal untuk dilakukan, jauhi dulu komunitasnya. Berarti, pengaruh komunitas ini cukup besar ya. Sehingga Aby menyarankan hal ini sebagai langkah pertama.

Aby sendiri mengaku tidak terlalu dekat dengan komunitas. Temannya yang sama dengan dirinya hanya beberapa. Sehingga Aby merasa lebih mudah untuk kembali. Langkah berikutnya, sadarilah bahwa tidak ada yang namanya perempuan yang terjebak di tubuh lelaki.

Itu hanya sekedar perasaan saja. Aby kini memahami bahwa perasaan itu adalah ujian dari Allah swt. Seharusnya seseorang yang diberi ujian semacam itu, berusaha keluar dari rasa itu, bukan malah menikmatinya.

Aby juga menasehatkan pada kawan-kawannya agar merenung, nanti saat sudah tua diri sudah tak cantik lagi, lalu mau apa?

Aby yakin banyak sebenarnya yang punya keinginan kembali ke fitrah. Tetapi biasanya mereka takut kehilangan apa yang sudah dimiliki dari hasil penyimpangannya itu. Aby pun meyakinkan, jangan takut. Jika kita berubah karena Allah swt, Allah swt akan ganti dengan yang lebih baik.

Aby bersyukur karena cepat diberi hidayah oleh Allah swt. Ia pun berterima kasih kepada orangtua dan sahabat yang mendukungnya untuk menjalani kebaikan. Harapan Aby ke depan adalah ingin menikah.

Semoga dapat jodoh yang saliha ya Aby, dan istiqamah dalam menjalani ketaatan pada Allah swt. Aamiin.

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=jkAUFOL7BLo

0 Comments

Post a Comment