Sunday, December 12, 2021

Ingat Mati, Manajer Artis Ini Bertekad Memperbaiki Diri

Tata Liem dikenal di kalangan selebriti sebagai manajer artis. Melihat jejak digital Tata Liem, dulu dia suka berpenampilan seperti perempuan. Padahal dia seorang lelaki.

Kini dia telah hijrah. Kembali pada fitrahnya. Inilah yang menarik bagiku, hingga mengabadikan sekilas kisah titik balik hidupnya di ruang maya milik pribadiku ini. Dalam satu wawancara bersama KapanLagi.com, Tata Liem bercerita tentang perubahannya.

Kesadaran itu mantap di tahun 2017, saat usianya telah memasuki empat puluh tahun. Ia merasa sudah berada di usia matang. Sudah waktunya berubah. Ada rasa takut di hatinya, pada ajal yang tak tahu kapan datang, namun diri sudah pasti makin dekat padanya.

Ia mengenang masa silam, kapan pertama kali dia mengalami penyimpangan identitas. Sejak kecil Tata Liem merasa memiliki sifat feminim, meski dia seorang laki-laki. Waktu melihat mamanya dandan, dia ingin meniru.

Ayahnya marah besar mengetahui hal itu. Tapi ibunya justru membiarkannya menyukai dandanan. Meski tak ingin anaknya melawan fitrah, tapi mama Tata Liem memiliki keyakinan, bahwa anaknya kelak akan bisa memahami benar dan salah. Satu pesan dari mama yang paling diingat Tata Liem, jangan lupa solat

Akhirnya saat SMP dia tertarik membeli bedak compact dan lisptik. Dibawanya make-up itu ke sekolah. Kawan-kawannya pada ngatain dia bencong, tapi justru dia cuek dan meneruskan aksinya. Lama-lama jadi kebiasaan hingga di usia empat puluh tahun.

Saat memasuki usia empat puluh tahun itu, Tata Liem merasa risih dan malu ketika berpenampilan wanita. Dia pun berpikir bahwa dia harus berubah. Ego di hati harus direndahkan.

Perlahan dia mengurangi pemakaian make-up. Dia hanya memakai make-up saat syuting, itupun pakai bedak secara tipis. Sekarang dia seutuhnya berpenampilan lelaki. Sejak ia mulai memilih untuk berubah, hidupnya terasa lebih santai dan enjoy.

***

Langkah berani Tata Liem untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang sejak lama melekat padanya, patut ditiru. Memang demikianlah seharusnya manusia yang berakal. Dia ingat bahwa hidup hanya sementara. Ingat pada Allah swt.

Manusia makhluk ciptaan Allah swt yang diciptakan dengan misi ibadah. Dalam al Quran surat Ad dzariyat ayat 56 Allah swt berfirman:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku

Mengabdi artinya tunduk patuh pada aturan Allah swt. Jika berharap ridha, ampunan serta pahala dari Allah swt, maka ketaatan jadi pilihan terbaik.

Adanya rasa keperempuanan yang dirasakan seorang lelaki seperti Tata Liem, adalah bagian dari ujian hidup pemberian Allah swt. Sama ketika seorang muslimah tertarik hatinya pada seorang pria nonmuslim.

Atau muslim ada rasa ingin mencoba minuman keras. Atau seorang lelaki yang muncul hasrat pada perempuan yang belum halal baginya. Itu semua adalah ujian pada perasaan, harus dikendalikan sesuai aturan Allah swt. Bukan dituruti.

Itulah guna akal, sebagai pengendali perasaan. Maka penting bagi kita untuk mendidik akal dengan belajar ilmu-ilmu keislamanan. Dengan memperkuat keimanan dan pemahaman Islam, in sya allah segala ujian dalam hidup bisa dihadapin dengan sabar serta tetap dalam ketaatan pada Allah swt.

Baca Juga:

Apa Rasanya Hidup Tanpa Rasa Takut?

Kamu Berubah Karena Pikiran Terbuka Atau Hati Yang Terluka?

Rahasia Betah Baca Buku Ala Predator Buku

***

Tata Liem berharap bisa hidup normal, bisa jauh dari larangan Allah swt. Beruntungnya Tata Liem, dia tak bergabung dalam komuitas penyuka sesama jenis. Jadi bisa lebih mudah untuk kembali ke fitrah.

Meskipun tetap ada tantangan ketika memutuskan berubah dari yang buruk pada yang baik. Tapi alhamdulillah, Tata Liem bersyukur karena diberi kekuatan hati oleh Allah swt dalam berproses kembali pada fitrah.

Pesan penting Tata Liem pada para pemuda, ingatlah selalu ajaran agama. Umur makin bertambah, bukan berkurang. Jadi harus selalu ingat ajaran agama agar tahu mana yang benar dan mana yang buruk. In sya allah dengan itu hidayah bisa datang tanpa diduga.

Buat Tata Liem, semoga selalu diberi kemudahan oleh Allah swt, tambah baik dan tambah taat dari waktu ke waktu. Aamiin ya Allah.

 

Referensi:

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/curhat-tata-liem-kegelisahan-gender-kasih-keluarga-38-masa-depan-e2c890.html

https://www.youtube.com/watch?v=mpRGzVerFQo


Info Menarik: 

Raja Baclink Tawarkan Backlink Berkualitas, Agar Website Jadi Teratas

0 Comments

Post a Comment