Thursday, October 28, 2021

Hari Blogger Nasional: Momen Meningkatkan Semangat Ngeblog


https://kaltim.tribunnews.com/

Selamat Hari Blogger Nasional untuk semua blogger dan penikmat tulisan-tulisan para blogger. Jujur nih ya, saya udah mulai kenal aktivitas ngeblok sejak 2014, tapi baru tahu sekarang kalau ada Hari Blogger Nasional. Wih kok bisa gitu, harusnya blogger update info dong ya. Apalagi tentang dunia yang sedang digeluti.

Maafkan aku, kemaren aku memang kurang serius mengelola blogku. Aku nggak ingat apa dan siapa yang mengenalkanku dengan blog. Tapi tujuan awal aku ngeblog ya sebatas buat curhat saja.

Sebelumnya aku suka curhat di catatan Facebook sejak sekitar 2008. Nah, pas ketemu blog, tampilannya lebih kece. Tulisan juga bisa dibuat lebih rapi dan terkumpul tanpa dipisahkan oleh info-info lain yang dishare orang lain ke timeline kita seperti di Facebook. Jadi deh, pindah tempat curhat.

Namanya curhat ya tergantung mood. Makanya blogku nggak terurus dengan baik. Baru sekitar dua tiga tahun belakangan ini aku mulai kembali semangat buat memperhatikan blogku.

Aku ingin tampilan yang lebih baik. Baik secara template maupun sisi tulisannya. Artikel yang ditulis pengennya tak lagi sekedar curhatan pribadi, melainkan menulis hal-hal yang bisa dinikmati pembaca, karena di dalamnya berisi info menarik bagi mereka. Yup nulis tulisan bagus yang sesuai dengan idealismeku.

Aku juga ingin lebih rutin nulis di blog. Meski dunia internet sudah berkembang pesat dan banyak orang beralih ke media sosial visual yang lebih menarik seperti youtube, instagram dan tiktok, tapi aku tetap ingin nulis di blog.

Ntah kenapa aku justru menikmati kesunyian di blog. Sepi dari orang-orang yang aku kenal di facebook maksudnya. Aku ingin tulisanku dibaca pengguna internet yang aku nggak kenal. Meski begitu, kepada teman-teman aku tetap kasih tahu bahwa aku udah nulis di blog.

Yaah begitulah, dalam rangka meningkatkan kualitas ngeblog-ku, pertama sekali aku beli template dari seorang desain template. Berhubung budgetku juga nggak besar-besar amat, jadilah aku memiliki tampilan blog seperti saat ini.

Tak sangat unik bin cetar seperti milik blogger lain sih. Tapi bagi perkembangan diriku pribadi, itu sudah menunjukkan peningkatan dan bikin-ku senang. Biar-lah.

Langkah selanjutnya aku beli domain. Meskipun ada blogger terkenal yang tetap menggunakan domain gratisan, tapi menurutku memiliki domain pribadi membuat nuasana pengelolaan blog terasa lebih serius. Bikin lebih semangat nulisnya.

Setelah itu baru deh aku cari tahu bagaimana caranya agar pengunjung blog-ku meningkat. Disitu aku ketemu info mengenai SEO Friendly. Hingga saat ini seluk beluk mengenai cara membuat artikel di blog agar SEO Frienly masih terus kupelajari. Ada sih cara instan mengatasi hal ini. Tapi mahal. Jadi usaha sendiri aja lah.

Pengunjung blogku saat ini terbilang jauh dari target. Tapi, berbekal, motivasi dan inspirasi dari para blogger hebat yang aku baca, harapannya aku tetap semangat menghadirkan tulisan-tulisan bagus buat pembaca.

Terutama untuk prinsip hidup yang aku pegang sih. Selama ini aku menapaki jalan hijrah dengan rutin ngaji untuk memperbaiki diri. Disitu aku dipahamkan bahwa amar ma’ruf nahi munkar adalah karakter umat muslim.

Rasul saja pernah bilang, sampaikan dariku walau satu ayat. Jadi sebenarnya ini jadi daya dorong terbesar bagiku untuk terus mengasah kemampuan menulis memalui aktivitas ngeblog.

Dengan menulis aku membaca dan mendengar informasi terutama tentang keislaman. Lalu ilmu-ilmu itu harus aku pahami dan berupaya amalkan demi meraih ridha Allah swt. Setelah itu baru deh ilmu itu ditulis serta disampaikan secara lisan pada orang-orang sekitar. Apalagi kalau ini bisa jadi amal jariyah, masya allah senangnya.

Akupun sama dengan teman-teman lain, tergiur dengan potensi ngeblog yang bisa menghasilkan pundi pundi rupiah. Blog-ku berhasil dimonestisasi juga karena ada harapan kesana. Boleh-boleh aja kan ya.

Namun yang akan lebih utama ku perhatikan adalah prinsip hidupku. Tantangan banget nih, gimana menyalurkan pemikiran dengan tetap menyajikannya melalui tulisan yang menarik.  Yaah, aku kenal diriku. Aku tipe orang yang belajar bagai kura-kura, lambat. Tapi bila konsisten dilakukan, in sya allah hasil yang dirahapkan bisa tercapai. Begitu kan?

Jadi bisalah ya peringatan Hari Blogger Nasional ini dimaknai sebagai momen tepat meningkatkan semangat ngeblog bagi diriku dan yang ‘senasib’ denganku. Sekali lagi, selamat Hari Blogger Nasional. Selamat berkarya untuk meraih ridha Allah swt.

0 Comments

Post a Comment