18 Juni 2020

(Resep) Es Rempah Plus, Segar, Enak Banget dan Menyehatkan

Apakah kamu pencinta  jajanan  kayak boba ice, cendol atau sejenisnya? Minuman-minuman itu enak sih, tapi kurang sehat. Karena mengandung gula yang tinggi serta santan. Ada loh minuman yang rasanya nggak kalah enak namun lebih sehat. Nggak perlu beli. Kamu bisa buat sendiri di rumah. Bahannya familiar dan caranya gampang kok. Kalau dianggap repot, yaah repot-repot dikit nggak apa-apa-lah ya. Kan yang penting enak dan sehat. Bahan utamanya adalah rempah, plus tambahan buah-buahan dan bijian. Simak resepnya di bawah ini;

Bahan-bahan


200 ml air

Madu 5 sm

Jahe sepotong ukuran jempol

Kunyit setengah kuku kelingking/ bisa juga pakai bubuk kunyit seujung sendok makan

Lengkuas setengah kuku kelingking/ bisa juga pakai bubuk lengkuas seujung sendok makan

Jeruk lemok ¼ potong

Sereh satu potong

Daun salam selembar

Daun pandan selembar (opsional), kalau kurang suka aromanya nggak usah dipakai

Chia seed satu sendok makan

Kurma 3 butir

Kismis 15 butir

Agar-agar jelly sesuai selera (original tanpa gula)

Cara membuat


Rebus air beserta jahe, kunyit, lengkuas, sereh, daun salam dan daun pandan kalau suka, sampai mendidih. Setelah mendidih matikan api, saring dan tuang air rebusan ke gelas. Lalu masukkan perasan lemon dan madu. Campurkan ke dalamnya chia seed, kurma dan kismis serta agar-agar jelly. Dinginkan di dalam lemari es beberapa jam. Sesudah dingin, kamu bisa menikmati es yang super sehat, enak dan segar.

Aku sendiri sudah coba minuman ini pakai dan tanpa daun pandan. Kalau aku lebih suka tanpa pandan. Tapi siapa tahu kalian lebih suka pakai daun pandan, di coba aja keduanya kayak aku. Selamat mencoba ya. Yuk tetap sehat untuk hadapi masa pandemi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar