Monday, August 14, 2023

Fakta Unik Kehidupan Ulama

Alif.id

Day of my life. Kehidupan orang selalu menarik untuk diketahui. Makanya salah satu konten yang menarik di tik tok bertema day of my life. Apalagi tentang orang - orang terkenal. Pasti banyak yang kepo tentang hidup mereka seperti apa.

Sebagai muslim, tidakkah kita juga kepo dengan keseharian para orang berilmu dan solih?

Gimana sih kehidupan mereka, kok bisa seberilmu itu, kok bisa sebijak itu?

Meski tidak rinci, ini saya kutip dari salah satu sumber, seperti apa kehidupan para ulama,  sehingga catatan kebaikannya tertulis dalam sejarah

1. Kedekatan dengan Al-Qur'an

Ulama biasanya memiliki kebiasaan membaca dan merenungkan Al-Qur'an secara rutin untuk menjaga ketaatan mereka kepada Allah swt.

2. Penghormatan terhadap Waktu 

Mereka sangat menghargai waktu dan sering menekankan pentingnya menjalani rutinitas ibadah pada waktu yang ditentukan. 

3. Kesederhanaan

Banyak ulama hidup dengan sederhana dan menekankan nilai-nilai kesederhanaan dalam gaya hidup mereka.

Seperti kehidupan 2 ulama ini. Muhammad bin Hasan (132-189 H), murid Imam Abu Hanifah, tidak tidur malam kecuali sedikit. Di sampingnya selalu ada buku. Jika bosan dengan satu buku, ia akan membaca buku yang lain. 

Al-Baqilani, beliau tidak tidur malam hingga selesai menulis 35 lembar. Dan kebiasaan beliau adalah shalat sunat 20 rakaat setiap malam.

4. Ibadah Malam 

Ulama sering sangat jarang meninggalkan ibadah malam, seperti shalat tahajjud, sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah di tengah malam.

5. Pentingnya Ilmu

Mereka mengedepankan pentingnya ilmu pengetahuan dan terus belajar sepanjang hayat. Karena memang Islam mewajibkan muslim untuk menuntut ilmu.

6. Memberi Nasehat

Ulama adalah pewaris nabi. Mereka menunjukki umat jalan yang benar dan salah. Makanya mereka selalu menasihati orang - orang yang membutuhkan nasihat dari mereka.

7. Penghormatan terhadap Guru

Mereka menekankan pentingnya menghormati dan belajar dari guru-guru mereka dalam perjalanan keilmuannya.

8. Zuhud

Konsep zuhud hidup secukupnya, tidak tunduk pada kesenangan dunia adalah ciri khas ulama. 

9. Muhasabah

Ulama sering menghabiskan waktu untuk kontemplasi dan renungan, merenungkan makna dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan hikmah agama.

10. Menjaga Akhlak

Mereka sangat menekankan pentingnya menjaga akhlak dan adab - adab Islam dalam hubungan dengan orang lain.

Kehidupan terbaik bagi kaum muslimin adalah saat ulama bertabur. Jumlah mereka banyak dan memiliki kebiasaan hidup yang baik sesuai Islam. Kini saat kehidupan kita tidak lagi dilandasi al Quran dan as Sunnah, maka kehidupan seperti ulama pun langka, sehingga kehidupan mereka pun menjadi fakta unik.

0 Comments

Post a Comment