Kerja Keras Penjajah Runtuhkan Khilafah



http://al-azharpress.com/malapetaka-runtuhnya-khilafah
Judul                   : Malapetaka Runtuhnya Khilafah
Judul Asli            : Kaifa Hudimatil Khilafah
Penulis                 : Abdul Qadim Zallum
Penerbit                : Al Azhar Press
Tahun terbit         : 2011
Ketebalan             : 236 hal
ISBN                     : 9793118652

Saya sudah sejak lama baca buku ini. Hanya saja ada kebutuhan untuk baca bukunya lagi. Jadi ngulas buku ini deh.

Penulis menggambarkan proses runtuhnya Kekhilafahan Utsmaniyah atas konspirasi Inggris, sekutunya dan penghamba dunia dari kalangan internal Khilafah, dengan tokoh sentral Mustafa Kemal.

Siapa yang berusaha keras, dia mendapat. Kamus itu berlaku umum bagi siapapun di dunia ini. Ketika pada akhirnya penjajah berhasil melenyapkan Khilafah, itu tak lepas dari kesungguhan mereka. Jatuh bangun Inggris lewat anteknya menanamkan paham ashobiyah pada penduduk daulah.

Sampai akhirnya antara bangsa turki dan arab yang sebenarnya diikat dengan akidah Islam, muncul sentimen kebangsaan. Satu sama lain tak lagi merasa harus bersatu di bawah payung Khilafah. Ikatan persatuan itu pun melemah hingga hancur.

Bersusah payah penjajah menawarkan konstitusi mereka agar diadopsi oleh Khilafah. Salah satunya menyatakan demokrasi sama dengan syura’. Hingga sistem barat itu akhirnya diterapkan dalam negara. Pengadilan yang awalnya tunggal pun lambat laun dibagi menjadi pengadilan pidana dan perdata. Pengadilan perdata pakai Islam, hukum pidana pakai sanksi model barat.

Hancurnya Khilafah memang bencana bagi kaum muslim. Sebab keruntuhannya berarti hilangnya penerapan Islam secara kaffah. Lenyapnya Khilafah awal keabadian derita kaum muslim Palestina, Rohingya, Kashmir dsb.

Hikmahnya, bila untuk sebuah keburukan saja penjajah bersungguh-sungguh, mengapa untuk sebuah kebaikan yang benar kita tak seserius itu. Atau bahkan harus lebih serius. Karena mengembalikan kehidupan Islam adalah tuntutan keimanan dan kerinduan pada solusi problem masyarakat masa kini.   

Menurut saya bukunya cukup bagus. Penulis memang berkecimpung di dunia perjuangan mengembalikan Khilafah. Pandangan dan perhatiannya senantiasa tertuju pada umat. Hingga pengetahuannya terhadap sejarah keruntuhan Khilafah cukup bisa dimaklumi.

No comments:

Post a Comment